Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara Market Value Added dan Economic Value Added terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2016-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman tahun 2016-2020. Dengan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistic deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis linier berganda. Selanjutnya, pengujian hipotesis menggunakan uji-F, uji-T, dan koefisien determinasi yang dibantu dengan menggunakan program Eviews-9. Berdasarkan hasil penelitian uji-T Market Value Added terhadap Return Saham diperoleh nilai signifikansi 0,7117 > 0,05 yang artinya Market Value Added tidak berpengaruh. Berdasarkan hasil penelitian uji-T Economic Value Added terhadap Return Saham diperoleh nilai signifikansi 0,0062 < 0,05 yang artinya Economic Value Added berpengaruh. Kemudian berdasarkan hasil uji-F variabel independent Market Value Added dan Economic Value Added secara simultan berpengaruh terhadap Return Saham dengan nilai signifikansi 0,020131 < 0,05. Adapun koefisien determinasi sebesar 0,036792 yang artinya Market Value Added dan Economic Value Added berpengaruh sebesar 3,67% terhadap Return Saham, sedangkan sisanya 96,33% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024