Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan
Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan

Anteseden dan Konsekuensi Interaksi Sosial dalam Keputusan Pembelian: Gen Z Tokopedia

Suandi, Calista Devana (Unknown)
Djakasaputra, Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Sosial media telah memberikan dampak terhadap perilaku konsumen yang dimulai dari cara mendapatkan informasi hingga perilaku setelah melakukan pembelian seperti ulasan terhadap suatu produk ataupun jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh variabel content marketing, live streaming, online customer review, dan social interaction terhadap keputusan pembelian pada konsumen generasi Z dalam platform Tokopedia Live di Jakarta. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Populasi yang digunakan adalah seluruh konsumen generasi Z pada platform Tokopedia Live di Jakarta sebanyak 364 responden. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling sebagai metode pengambilan sampelnya, dengan menyebarkan kuesioner secara online yang kemudian diolah menggunakan Smart PLS 4. Data dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif. Hipotesis 1 menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif content marketing terhadap keputusan pembelian dengan social interaction sebagai variabel mediasi. Hipotesis 2 menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif live streamingterhadap keputusan pembelian dengan social interaction sebagai variabel mediasi. Hipotesis 3 menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif online customer review terhadap keputusan pembelian dengan social interaction sebagai variabel mediasi. Hipotesis 4 menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif content marketing terhadap keputusan pembelian. Hipotesis 5 menyatakan bahwa terdapat pengaruh negatif live streaming terhadap keputusan pembelian. Hipotesis 6 menyatakan bahwa terdapat pengaruh negatif online customer review terhadap keputusan pembelian, dan Hipotesis 7 menyatakan bahwa terdapat pengaruh negatif social interaction terhadap keputusan pembelian. Social media had an impact on consumer behavior starting from how to get information to behavior after making a purchase such as reviews of a product or service. The aim of this research is to empirically test the influence of content marketing, live streaming, online customer reviews, social interaction variables on purchasing decisions among generation Z consumers on the Tokopedia Live platform in Jakarta. The conclusion of this research is that the population used was all generation Z consumers on the Tokopedia Live platform in Jakarta, totaling 364 respondents. This research uses a non-probability sampling method with a purposive sampling technique as the sampling method, by distributing questionnaires online which are processed using Smart PLS 4. Data is analyzed using quantitative methods. Hypothesis 1 states that there is a positive influence of content marketing on purchasing decisions with social interaction as a mediating variable. Hypothesis 2 states that there is a positive influence of live streaming on purchasing decisions with social interaction as a mediating variable. Hypothesis 3 states that there is a positive influence of online customer reviews on purchasing decisions with social interaction as a mediating variable. Hypothesis 4 states that there is a positive influence of content marketing on purchasing decisions. Hypothesis 5 states that there is a negative influence of live streaming on purchasing decisions. Hypothesis 6 states that there is a negative influence of online customer reviews on purchasing decisions, Hypothesis 7 states that there is a negative influence of social interaction on purchasing decisions.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMDK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan e-ISSN 2657-0025 is a collection of articles created by students of Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tarumanagara, as a requirement to achieve Bachelor of Economics degree. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan is published ...