Kegiatan berwirausaha memiliki peran yang penting dalam kemajuan perekonomian suatu daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menilai apakah pendidikan kewirausahaan dan kecerdasan adversitas memiliki dampak terhadap intensi berwirausaha, dengan efikasi diri berperan sebagai variabel mediasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disusun berdasarkan indikator masing-masing variabel. Kuesioner disebarkan secara online melalui Google Forms dan berhasil mengumpulkan respons dari 210 partisipan. Metode pengambilan sampel yang diterapkan adalah metode non-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dan kecerdasan adversitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri. Pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri memiliki dampak positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha. Sementara itu, kecerdasan adversitas memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap intensi berwirausaha. Efikasi diri terbukti memediasi pengaruh pendidikan kewirausahaan dan kecerdasan adversitas terhadap intensi berwirausaha. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian serupa di masa depan dan memberikan kontribusi pada pengembangan program-program intensi berwirausaha yang lebih efektif. Entrepreneurial activities have an important role in the economic progress of a region. This study aims to assess whether entrepreneurship education and adversity intelligence have an impact on entrepreneurial intention, with self-efficacy acting as a mediating variable. The research instrument used is a questionnaire prepared based on indicators of each variable. The questionnaire was distributed online through Google Forms and successfully collected responses from 210 participants. The sampling method applied was non-probability sampling method using purposive sampling technique. Data processing was carried out using SmartPLS software version 4.0. The results showed that entrepreneurship education and adversity intelligence have a positive and significant influence on self-efficacy. Entrepreneurship education and self-efficacy have a positive and significant impact on entrepreneurial intention. Meanwhile, adversity intelligence has a positive but insignificant effect on entrepreneurial intention. Self-efficacy is proven to mediate the effect of entrepreneurship education and adversity intelligence on entrepreneurial intention. Thus, this study is expected to be a reference for similar research in the future and contribute to the development of more effective entrepreneurial intention programs.
Copyrights © 2024