Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 10, No 2 (2024): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Self-concept, self-esteem, dan self-efficacy mempengaruhi pengambilan risiko guru

Khadijah, Siti (Unknown)
Salim, Rose Mini Agoes (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2024

Abstract

Rendahnya keberanian mengambil risiko dapat menghambat seorang guru TK dalam mengembangkan diri, memanifestasikan potensi kreatifnya dengan mencoba pendekatan pembelajaran baru, menciptakan lingkungan belajar yang inovatif, menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami. Melalui keberanian guru dalam mengambil risiko, guru TK dapat mengembangkan pemahaman pada self-concept, self-esteem, dan self-efficacy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelatihan pengambilan risiko dalam meningkatkan pemahaman guru TK mengenai pengembangan keberanian mengambil risiko. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif quasi-experimental dengan desain one group pre-test post-test untuk mengetahui ketahanan efek pembelajaran sebelum dan sesudah intervensi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Repeated Measures ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan “Mengembangkan Keberanian Mengambil Risiko” efektif dalam meningkatkan pemahaman guru tentang mengembangkan keberanian mengambil risiko. Beberapa faktor perlu diperhatikan untuk mendukung ketahanan efek pembelajaran pasca pelatihan, seperti keterlibatan otoritas yang lebih tinggi di sekolah untuk mendukung penerapan pengambilan risiko, serta upaya motivasi guru yang tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Other

Description

Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed ...