Hortatori : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8, No 1 (2024): Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Media Animasi sebagai Sarana Pembelajaran Teks Tanggapan untuk Siswa Kelas IX

Nababan, Pasma (Unknown)
Sulistiyo, Urip (Unknown)
Priyanto, Priyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX yang meliputi beberapa materi yaitu teks laporan, teks pidato persuasif, cerpen, teks tanggapan, teks diskusi, teks narasi, dan juga literasi buku fiksi dan nonfiksi. Dari beberapa materi tersebut peneliti mengambil salah satu materi yang akan diteliti yaitu teks tanggapan. Teks tanggapan adalah teks yang berupa kritik, sanggahan ataupun pujian terhadap suatu fenomena yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  bagaimana pembelajaran teks tanggapan menjadi pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi tertarik dengan memanfaatkan media animasi, sehingga kemampuan, semangat, dan motivasi belajar mereka meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik berupa pengamatan, wawancara, serta dokumentasi. Data yang didapatkan berupa hasil wawancara guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX C dengan menggunakan media animasi. Hasil penelitian ini menunjukan media animasi sebagai sarana pembelajaran dalam pembelajaran teks tanggapan di kelas IX C SMPN 30 Muaro Jambi terlaksana dengan baik dan juga efektif digunakan. Hal tersebut dilihat dari proses pembelajaran dan hasil belajar yang lebih   baik.Kata Kunci: Teks Tanggapan, Sarana Pembelajaran, Media Animasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hortatori

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Hortatori: Journal of Language Studies is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts and theories in ...