Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya bahan ajar digital yang kreatif pada proses belajar mengajar terutama pada materi pariwisata. Berdampak pada kurangnya motivasi pemelajar dalam melaksanakan pembelajaran. Untuk mengatasi persoalan tersebut perlu pengembangan bahan ajar digital. Salah satunya dengan mengembangkan web edukasi berbasis ensiklopedia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Selaras dengan jenisnya, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan web edukasi membaca bagi mahasiswa BIPA tingkat madya. Setelah dilakukan pengembangan produk. Tahapan yang digunakan untuk mengetahui kelayakan web edukasi yaitu  melakukan uji kelayakan kepada ahli dan respons mahasiswa. Observasi, wawancara, dan angket digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Deskriptif kuantitatif merupakan analisis datanya. Penelitian ini dilakukan pada pemelajar BIPA tingkat madya Universitas Ahmad Dahlan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) hasil analisis kebutuhan menujukkan bahwa saat ini diperlukan adanya pengembangan web pada kelas membaca mahasiswa BIPA; (2) Hasil kelayakan ahli materi memperoleh skor 84,12% dengan kriteria “baik sekali”. Ahli media 90% dengan kriteria “baik sekali”. Hasil penelitian dari validasi ahli pengajaran tahap pertama 72,58% dengan kriteria “baik”. Hasil penelitian dari validasi ahli pengajaran tahap kedua 86,7% dengan kategori “baik sekali”. Hasil uji coba kelompok kecil 88,75% dengan kategori “baik sekali”. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahwa web edukasi layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran membaca bagi mahasiswa BIPA tingkat madya.Kata Kunci: Pengembangan; Bahan Ajar; WEB; BIPA
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024