Isu-isu terkait transparansi, kurangnya inovasi, dan masalah terkait isu sosial telah berkontribusi terhadap kurangnya minat masyarakat terhadap bank syariah. Penelitian ini menginvestigasi pengaruh faktor-faktor emosional, yaitu etika, kepercayaan, ketakutan, dan ekploitasi insitusional, terhadap persepsi masyarakat terhadap bank syariah. Penelitian ini dibangun dengan diskusi ilmiah bersama praktisi bank syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode interview dan diskusi ilmiah bersama 10 orang praktisi bank syariah di Indonesia. Peneliti membagikan terkait isu pembentukan persepsi bank syariah di Inggris untuk memantik diskusi dengan membandingkan kondisinya di Indonesia. Hasil menunjukkan bahwa adanya isu etika, rendahnya kepercayaan masyarakat, adanya ketakutan, adanya eksploitasi, dan rendahnya peran ulama dalam turut berpengaruh terhadap persepsi masyarakat terhadap bank syariah di Indonesia.
Copyrights © 2024