Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sistem pengendalian internal dalam prosedur penerimaan dan pengeluaran persediaan gudang di Hotel Bintang Flores. Penelitian menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dimulai dengan pengamatan langsung terhadap proses atau prosedur penerimaan dan pengeluaran barang di Hotel Bintang Flores, melakukan wawancara dan dokumentasi, kemudian menganalisis data, menguji validitas data dan menarik kesimpulan. Tahap selanjutnya adalah memberikan rekomendasi dan saran mengenai prosedur penerimaan dan pengeluaran barang di Hotel Bintang Flores serta analisis terkait sistem pengendalian internal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penerimaan dan pengeluaran barang di Hotel Bintang Flores belum dilakukan secara optimal. Hal ini dapat dilihat dari saat menerima tidak adanya dokumen Purchase order (P0) sebagai dokumen pendukung dalam pengecekan jenis, harga dan jumlah barang yang dipesan. Selanjutnya, dalam prosedur pengeluaran barang, tidak ada staf gudang khusus yang bertugas mencatat atau merekapitulasi setiap persediaan yang keluar dari gudang, selain itu tidak ada pengawasan khusus yang dilakukan oleh cost controller dalam proses penerimaan dan pendistribusian barang. Sistem pengendalian internal belum sepenuhnya terimplementasi dengan baik, seperti kegiatan pengendalian, penilaian risiko dan pemantauan belum dilaksanakan secara optimal.
Copyrights © 2024