Penelitian ini bertujuan mengembangkan panduan konseling bagi konselor perguruan tinggi dalam membantu mereduksi kecemasan akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Menggunakan Metode Penelitian dan Pengembangan dari Borg dan Gall yang terbagi menjadi tiga tahap; mengidentifikasi kebutuhan, menyusun prototipe produk, dan validasi ahli. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecemasan akademik dan lembar penilaian ahli yang dianalisis dengan menggunakan keandalan inter rater dari Aiken. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa panduan konseling ini memiliki nilai indeks validitas = 0.812037 yang termasuk kategori tinggi, atau dengan kata lain modul panduan konseling kelompok dengan Restrukturisasi Kognitif dan Relaksasi Murattal Al-Qur’an untuk mereduksi kecemasan akademik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan sebagai instrumen dalam memberikan layanan konseling bagi mahasiswa yang mengalami kecemasan dalam menyelesaikan skripsi.
Copyrights © 2024