Para pelaku usaha saling berlomba-lomba memasarkan produknya dengan berbagai jenis promosi, salah satunya adalah kompetisi sepatu lokal Indonesia khususnya sepatu merek lokal ventela. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menyiarkan bagaimana iklan, persepsi merek, dan dukungan selebriti mempengaruhi keputusan pembelian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember mengenai sepatu Ventela. Sampel yang dimasukkan dalam sampel berjumlah 80 responden, yang dipilih melalui teknik non-probabilitas, khususnya teknik purposive sampling. Untuk analisis statistik digunakan metode regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 29. Berdasarkan temuan penelitian ini, keputusan pembelian (Y1) terkait produk sepatu Ventela yang tersedia secara lokal dipengaruhi secara signifikan oleh variabilitas iklan (X1), citra merek (X2) pendukung celebrity endorser (X3). Penelitian ini akan memberikan dampak dan manfaat di kemudian hari serta memberikan sedikit pengetahuan mengenai strategi pemasaran dalam penelitian ini. Penulis berharap penelitian ini dapat menjadi acuan rencana contoh penulisan penelitian ilmiah bagi peneliti selanjutnya.
Copyrights © 2024