Global Accounting : Jurnal Akuntansi
Vol. 3 No. 1 (2024): Global Accounting : Jurnal Akuntansi

asdf

Mega Pransiska (Unknown)
Rina Sulistiyowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Transfer pricing adalah biaya pengalihan produk atau layanan dengan nama dan format apa pun antar bisnis yang memiliki koneksi unik, baik lokal maupun internasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan menunjukkan melalui eksperimen bagaimana transfer pricing dipengaruhi oleh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas. Populasi penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan pada sektor konsumen non-siklus yang terdaftar antara tahun 2019 hingga 2022 di Bursa Efek Indonesia. Cara pengumpulan sampel disebut dengan purposive sampling. 20 dari 113 perusahaan menggunakan kriteria saat ini sebagai dasar sampel penelitian. 80 perusahaan dipilih selama periode empat tahun dari sampel 20 perusahaan. Data penelitian dianalisis menggunakan SPSS versi 25 dan uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa transfer pricing tidak dipengaruhi oleh profitabilitas, melainkan oleh faktor-faktor seperti ukuran perusahaan dan leverage. Selain itu, ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas semuanya berdampak pada transfer pricing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ga

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Global Accounting Fokus pada pengembangan ilmu ekonomi khususnya Keuangan dan Akuntansi, baik kajian ilmiah maupun praktis, sehingga diharapkan dapat menjadi media ilmiah bagi terciptanya keterpaduan antara kajian teoritis dan kajian praktis bagi pengembangan ilmu ekonomi dalam berbagai aspek ...