Jurnal Kesehatan Masyarakat
Vol 11, No 5 (2023): SEPTEMBER

HUBUNGAN PENANGANAN KELUHAN (COMPLAIN HANDLING) DENGAN LOYALITAS PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD PETALA BUMI PROVINSI RIAU

Safitri, Yuni Asnita Adetia (Unknown)
Tonis, Marian (Unknown)
Suryandartiwi, Wiwik (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penanganan keluahan merupakan identifikasi masalah yang menyebabkan pasien atau pelanggan tidak puas dan mengeluh sehingga menindaklanjuti dan diupayakan agar pasien atau pelanggan merasa ada perbaikan dari masalah atas ketidaksesuaian harapan dari pelayanan yang diberikan rumah sakit. Akibatnya banyaknya rumah sakit ikut menurun dan berpengaruh dengan loyalitas pasien. Loyalitas pasien memiliki peranan penting dalam suatu rumah sakit atau perusahaan untuk meningkatkan performa finansial, dan sustainability dari rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan penanganan keluhan (complain handling) dengan loyalitas pasien diinstalasi rawat inap RSUD Petala Bumi. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode probability sampling. Sampel dalam penelitian ini pasien rawat inap RSUD Petala Bumi Provinsi Riau sebanyak 86 responden. Penelitian ini dilaksanakan dengan Teknik pengumpulan data studi pustaka dan penyebaran kuesioner. Analisis pada penelitian ini univariat, bivariat, normalitas, dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel visibility adanya hubungan dengan loyalitas pasien (p-value= 0,000 < 0,05), bahwa variabel accesbility adanya hubungan dengan loyalitas pasien (p-value= 0,030 < 0,05), bahwa variabel responsive adanya hubungan dengan loyalitas pasien (p-value= 0,000 < 0,05) dan bahwa variabel fairness and objektif adanya hubungan dengan loyalitas pasien (p-value= 0,000< 0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pasien rawat inap di RSUD Petala Bumi Provinsi Riau merasa puas terhadap penanganan keluhan yang diberikan. Dapat diartikan pelayanan yang diberikan memenuhi dan keinginan pasien sehingga terciptanya loyalitas pasien di RSUD Petala Bumi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkm

Publisher

Subject

Public Health

Description

Jurnal Kesehatan Masyarakat (JKM) provides an online media to publish scientific articles from research and development in the field of Public Health. The scope of JKM is as follows: - Health Administration and Policy - Epidemiology - Environmental Health - Occupational Health and Safety - Health ...