Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui Analisis Strategi Pemasaran Pariwisata Taman Panorama Lobang Jepang Bukittinggi. Teknik dalam mengumpul datanya mempergunakan kuisioner, pengamatan serta wawancara. Data tergolong kualitatif sumbernya dari data primer. Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu pengunjung Taman Panorama Lobang Jepang tahun 2021 yang seluruhnya berjumlah 104.016 pengunjung dengan sampel menggunakan Simpel Random Sampling. Didapatkan sampel peneltiian sebanyak 100 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis EFAS, analisis IFAS,IE matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Berdasarkan diagram Analisis Cartesius maka diketahui pariwisata berada pada kuadran 1. Pada diagram ini sangat jelas menunjukkan pariwisata dapat memanfaatkan peluang dan kekuatan yang ada untuk terus melakukan pengembangan (agresif) untuk meningkatkan daya saing. Maka dapat disimpulkan strategi yang tepat untuk meningkatkan daya saing Taman Panorama Lobang Jepang adalah strategi SO. Strategi SO adalah strategi yang dibentuk menurut alur pemikiran objek, yang mempergunakan semua kekuatan dalam merebut serta mempergunakan kesempatan semaksimal mungkin
Copyrights © 2023