Jurnal Neraca Peradaban
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Neraca Peradaban

Pengaruh Advertising Intensity Dan Intensitas Persediaan Terhadap Agresivitas Pajak Dengan Intensitas Aset Tetap Sebagai Variabel Pemoderasi

Darsita, Ita (Unknown)
Dumilah, Ratna (Unknown)
Nurcahayati, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2024

Abstract

Dengan intensitas aset tetap sebagai variabel moderasi, tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan bukti empiris mengenai pengaruh inventaris dan intensitas iklan terhadap agresivitas pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif dan pengumpulan data kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan subsektor Makanan & Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017–2021. Pendekatan Porposive Sampling digunakan dalam proses pemilihan sampel penelitian ini. Populasi penelitian ini berjumlah 38 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia subsektor Food & Beverage pada tahun 2017-2021. Dari jumlah, terpilih 11 perusahaan sebagai sampel. Metode analisis regresi data panel dalam penelitian ini, dan E-views versi 9 digunakan untuk pengolahan data. Temuan studi ini menunjukkan  agresi pajak secara parsial atau simultan dipengaruhi oleh intensitas periklanan dan inventaris. Pengaruh intensitas inventaris dan iklan terhadap agresivitas pajak dimitigasi oleh intensitas aset tetap.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Neraca Peradaban adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Akuntansi STIE Hidayatullah Depok. Cakupan dan Fokus, meliputi bidang ...