Studi ini meneliti model bisnis perusahaan tur dan travel yang fokus pada pengalaman liburan edukatif di wilayah Bromo. Dengan melakukan wawancara mendalam kepada pemilik Gass Bromo, penelitian ini mengungkap beberapa aspek penting dari operasional bisnis tur dan travel pasca pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat model bisnis baru bagi tur dan travel ke bromo pasca pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma interpretif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemilik dari Gass Bromo (Bisnis Tur dan Travel). Temuan utama penelitian ini adalah segmentasi pelanggan untuk Gass Bromo adalah pelanggan usia 18-30 tahun dan lokasi di Malang Raya, nilai tambah dari pengalaman liburan dengan Gass Bromo adalah juga memberikan edukasi, Gass Bromo juga harus melakukan penyesuaian terus-menerus dalam saluran distribusi, serta hubungan yang akrab dengan pelanggan melalui berbagai media komunikasi yakni Instagram dan Whatsapp. Rekomendasi untuk penelitian berikutnya meliputi penelitian lebih lanjut terhadap preferensi pelanggan serta pengaruh kemitraan bisnis tur dan travel dengan platform online.
Copyrights © 2023