Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA)
Vol 6 No 2 (2023): Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora

Study Historical: Pemanfaatan Situs Makam Dinger Era Kolonial di Kota Batu sebagai Sumber Belajar Berbasis Outdoor Learning

Alfianto, Tirza Priscilla (Unknown)
Arsyad, Muhammad Naharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui temuan dan penerapan pemanfaatan situs sejarah kolonial, serta pembahasan mengenai cara mengintegrasikan situs sejarah kolonial ke dalam Outdoor Learning sebagai sumber belajar. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang didasarkan pada pembelajaran luar ruangan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa model pembelajaran di luar kelas merupakan suatu proses yang dapat mengembangkan makna (input), setelah itu melalui struktur kognitif agar permanen dalam ingatan (terjadi rekonstruksi). Situs Makan Dinger di Kota Batu merupakan salah satu sumber pendidikan untuk belajar bagi siswa kelas VIII SMP untuk mempelajari sejarah dari zaman penjajahan. Simpulan penelitian ini akan menghasilkan perubahan paradigma dalam praktik belajar mengajar. Dan siswa kelas VIII tampak lebih antusias dalam melaksanakan pembelajaran dan menyimak materi yang disampaikan oleh pengelola situs sejarah berbasis outdoor learning, dan nilai aktivitas serta peningkatan pengetahuan yang signifikan. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Situs Sejarah, Sumber Belajar, Outdoor Learning

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang. Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meliputi bidang ilmu dan praktik pendidikan, ...