Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implikasi pemasaran viral sebagai strategi komunikasi pemasaran dapat membangun perceived value pada analisis kasus merek Somethinc. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis penelitian dilakukan yaitu studi deskriptif dari data yang diperoleh melalui Focused Group Discussion (FGD). Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, pemasaran viral memiliki implikasi signifikan pada pembentukan perceived value pada merek kecantikan Somethinc. Konsep perceived value yang muncul melibatkan penciptaan "Top of Mind Awareness," menunjukkan bahwa produk tersebut menduduki posisi yang sangat kuat dalam kesadaran pelanggan. Selain itu, dalam kerangka perceived value, pemasaran viral juga membentuk nilai-nilai emosional (emotional value), nilai sosial (social value), nilai kualitas atau kinerja (quality/performance value), dan nilai harga (price/money value) yang kokoh. Simpulan penelitian ini bahwa setiap aspek nilai memainkan peran penting dalam membentuk persepsi konsumen terhadap merek dan produk Somethinc, memastikan bahwa produk ini tidak hanya dikenal luas, tetapi juga dianggap sangat bernilai oleh konsumen. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Persuasi, Perceived Value, Pemasaran Viral
Copyrights © 2023