Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA)
Vol 6 No 2 (2023): Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora

Implikasi Pemasaran Viral sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Perceived Value: Analisis Kasus Brand Somethinc

Yassaroh, Lora Sabila (Unknown)
Wulandari, Maulina Pia (Unknown)
Prasetyo, Bambang Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implikasi pemasaran viral sebagai strategi komunikasi pemasaran dapat membangun perceived value pada analisis kasus merek Somethinc. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis penelitian dilakukan yaitu studi deskriptif dari data yang diperoleh melalui Focused Group Discussion (FGD). Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, pemasaran viral memiliki implikasi signifikan pada pembentukan perceived value pada merek kecantikan Somethinc. Konsep perceived value yang muncul melibatkan penciptaan "Top of Mind Awareness," menunjukkan bahwa produk tersebut menduduki posisi yang sangat kuat dalam kesadaran pelanggan. Selain itu, dalam kerangka perceived value, pemasaran viral juga membentuk nilai-nilai emosional (emotional value), nilai sosial (social value), nilai kualitas atau kinerja (quality/performance value), dan nilai harga (price/money value) yang kokoh. Simpulan penelitian ini bahwa setiap aspek nilai memainkan peran penting dalam membentuk persepsi konsumen terhadap merek dan produk Somethinc, memastikan bahwa produk ini tidak hanya dikenal luas, tetapi juga dianggap sangat bernilai oleh konsumen. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Persuasi, Perceived Value, Pemasaran Viral

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang. Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meliputi bidang ilmu dan praktik pendidikan, ...