Komsospol
Vol 4 No 1 (2024): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2024

Strategi Dakwah Bil Hal melalui Fashion Pakaian Muslimah di Kalangan Milenial: Studi Kasus Brand Namira Boetique

Muzayanah, Agustriany (Unknown)
Kumala, Puspita Nursiti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2024

Abstract

Tren fashion muslimah membuka peluang bisnis dan dakwah untuk mengajak perempuan muslimah menutup aurat. Desainer muslimah modern menghadirkan ragam model dan padu padan menarik, sehingga diterima semua kalangan. Hal ini memotivasi muslimah untuk mengikuti syariat Islam dalam berpakaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan dakwah bil hal melalui fashion yang dilakukan oleh Namira Boetique di kalangan milenial dan untuk mengetahui respon konsumen pakaian muslim Namira Boetique terhadap dakwah bil hal melalui fashion yang dilakukan oleh Namira Boetique. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu kualitatif desriptif melalui penelitian lapangan (Field Researh), sedangkan sampel yang digunakan purposive sampling kepada 6 informan yakni Owner Namira Boetique dan lima konsumen Namira Boetique. Penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis dengan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Strategi pengembangan dakwah bil-hal melalui fashion pakaian muslimah di generasi milenial pada brand fashion Namira Boetique bisa dikatakan berhasil atau efektif, sebagaimana hasil dari data lapangan penelitian peneliti. Karena Namira boetique mampu mengajak serta memotivasi masyarakat khususnya generasi milenial untuk menggunakan pakaian sesuai dengan syariat islam. Adapun Adapun strategi Namira Boetique dalam komodifikasi dakwah bil-hal melalui fashion pakaian muslimah yaitu Komodifikasi Komodifikasi konten atau isi media komunikasi, Komodifikasi Khalayak atau Audiens dan Komodifikasi Tenaga Kerja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

komsospol

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

KOMSOSPOL journal publishes original research and/or library analysis on Communication Studies which focuses on the study of: Media, Journalism, Public Relations, Broadcasting, Corporate Social Responsibility (CSR), Content analysis and framing, libraries and information, Marketing Communication, ...