Menurut Depkes (2009), Puskesmas adalah kesatuan organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan. Puakesmas memiliki target capaian setiap tahunnya, oleh karena itu agar menarik minat pengguna jasa pelayanan kesehatan perlu dilakukan kegiatan pemasaran. Salah satu unsur dari strategi pemasaran adalah bauran pemasaran auran pemasaran ini semakin lama semakin berkembang terutama dalam bidang jasa, tidak hanya mencakup produk, promosi, dan harga (4P), namun juga meninjau dari segi tempat, orang, proses, dan bukti fisik yang selanjutnya dikenal dalam istilah bauran pemasaran jasa sebagai 7P. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023