Strategi pemasaran merupakan suatu rencana terpadu yang menyeluruh dibidang pemasaran dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan persaingan bisnis adalah pertandingan, kompetisi atau kegiatan bersaing.Dalam era globalisasi, dimana tingkat persaingan bisnis yang sangat tajam, maka setiap perusahaan harus memperhatikan salah satu aspek yang sangat vital dalam manajemen perusahaan yaitu bidang pemasaran. Rumusan masalah pada penulisan ini yang pertama adalah Bagaimana sistem penjualan olahan singkong masyarakat dusun Sumber Gentong Wonorejo Pasuruan? Yang kedua Bagaimana strategi pemasaran syariah olahan singkong dalam menghadapi persaingan didesa Sumber Gentong? Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalasis strategi pemasaran syariah olahan singkong masayarakat dusun sumber gentong, wonorejo pasuruan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yaitu berupa wawancara, observasi dan dokumentasi dengan pihak-pihak terkait. Metode yang digunakan adalah metode analsis deksriptif. Penelitian ini meghasilkan strategi pemasaran UMKM olahan singkong dalam menghadapi persaingan masih sangat sederhana. Dan untuk pemberlakuan konsep strategi pemasaran masih memakai price dan product, sedangkan untuk place dan promotion masih jarang digunakan. Kata Kunci : Strategi pemasaran syariah, pasar, persaingan DAFTAR PUSTAKA Algrina Agnes Ulus, “Bauran Pemasran Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pemeblian Mobil Daihatsu pada PT. Astra Internasional Manado”, ( Manado: Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisinis dan Akuntansi, 2013), 4 Arlina Nurbaity Lubis, “Strategi Pemasaran dalam Persaingan Bisnis”, (Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara, 2004), 1 Citra Pratama,(Peran Zakat dalam Penenggulangan Kemiskinan), Tauhidinomics: Jurnal of Islamic Banking and Economics, 2015, 93-104. Fazli Rahman, dkk, (Pelaksanaan Kurikulum PPKN Pada Kondisi Khusus Pandemic Covid-19), Jurnal Basicedu, 2021,5682-5691 Indri Yovita Toti indrawati, “Analisis Sumber Modal Pedagang Pasar Tradisional Dikota Pekanbaru,” jurnal ekonomi (2014): 1–8. Mudjia Raharjo, (Metode Pengupulan DataPenelitian Kalitatif). Eko Prasetyo, Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran, ( Akademika, 2008), p1-13 Purnama Putra, Wiwik Hasbiyah, Teori dan Praktik Pemasaran Syariah, (Depok: Rajawali Press, 2018). Ustadus Sholihin,”Analisis Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Usaha pada Perusahaan Kain dan Tenun ikat cap Sinar Barokah Kediri”, (Kediri: Jurnal Cendikia, 2014), 5.
Copyrights © 2024