Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manfaat dari adanya penerapan sertifikasi halal terhadap peningkatan pendapatan UMKM Waroeng Ayam Jawara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melaksanakan observasi dan menggunakan teknik wawancara secara langsung kepada UMKM terkait. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwasannya sertifikasi halal berperan signifikan terhadap pendapatan UMKM Waroeng Ayam Jawara. Manfaat dari adanya penerapan sertifikasi halal yaitu untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk serta untuk meningkatkan pendapatan omset penjualan. Kata Kunci : Sertifikasi Halal dan Pendapatan UMKM Abstract: The aim of this research is to determine the benefits of implementing halal certification in increasing the income of Waroeng Ayam Jawara MSMEs. This research method uses a qualitative approach by carrying out observations and using direct interview techniques with related MSMEs. The results of this research show that halal certification plays a significant role in the income of Waroeng Ayam Jawara MSMEs. The benefits of implementing halal certification are to increase consumer confidence in products and to increase sales turnover income. Keywords: Halal Certification and UMKM Income DAFTAR PUSTAKA Annisa, Rizka, Ahmad Kholil, and Ermyna Seri. “Jurnal Bilal Bisnis Ekonomi Halal” 2, no. 1 (2021): 1–12. http://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/index. Ilmu, Fakultas, and Universitas Sam Ratulangi. “PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN DI DESA LOLAH II KECAMATAN TOMBARIRI KABUPATEN MINAHASA” 1 (2014): 92–105. Nurkhozin. “Halal Certification According to the Perception of Micro, Small and Medium Business Entrepreneurs in the City of Pekan Baru.” Jurnal IndraTech 4, no. 1 (2023): 59–67. Ridho, Muhamad, Acep Ahyar Maulana, Rani Herliyani, Nunik Nurul Palah, and Lina Marlina. “Persepsi UMKM Produk Olahan Ayam Tentang Sertifikasi Halal.” Likuid Jurnal Ekonomi Industri Halal 3, no. 2 (2023): 44–55. Syaifudin, Muhammad Raihan, and Fakhrina Fahma. “Analisis Kepemilikan Sertifikat Halal Terhadap Pendapatan Usaha UMKM Mendoan Ngapak.” Performa: Media Ilmiah Teknik Industri 21, no. 1 (2022): 40. “Mohammad Habibi., “ Pelaksanaan Inovasi Produk Halal" Title” (2023): 1–14.
Copyrights © 2024