IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management
Vol. 3 No. 1: IJBEM Desember 2023

Fenomena Fear of Missing Out (FOMO) Tren Produk Kosmetik di Aplikasi TikTok pada Mahasiswi

Salsabila, Nurul Aziza (Unknown)
Lubis, Haniah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan tren produk kosmetik di aplikasi TikTok yang memikat kalangan mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti fenomena FoMO tren produk kosmetik yang ada di aplikasi TikTok dikalangan para mahasiswi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian berfokus pada pengamatan mendalam terhadap fenomena yang terjadi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif, penelitian diarahkan untuk menjelaskan gejala, fakta, atau kejadian secara sistematis dan akurat. Hasil yang ddiperoleh dari penelitian ini adalah fenomena Fear of Missing Out (FoMO) tren produk kosmetik saat ini terjadi di kalangan mahasiswi Ekonomi Syariah UIN Suska Riau. Maraknya konten produk kosmetik seperti skincare dan make-up membuat para mahasiswi tidak dapat mengelak bahwa mayoritas dari mereka tertarik ingin memiliki produk yang sama dengan yang dimiliki banyak orang. Terdapat mahasiswi yang bertindak boros (tabzir) dan berlebih-lebihan (israf) dalam mengkonsumsi produk kosmetik akibat fenomena ini. Di sisi lainnya, terdapat pula mahasiswi yang tetap berhati-hati dan memiliki pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli produk kosmetik yang tren di aplikasi TikTok

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijbem

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Indonesian Journal of Business Economics and Management (IJBEM) is a scientific journal published by the Institute of Research and Publication Indonesia (IRPI) in collaboration with several universities throughout Riau and Indonesia. IJBEM will be published 2 (two) times a year, in June and ...