Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan tren produk kosmetik di aplikasi TikTok yang memikat kalangan mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti fenomena FoMO tren produk kosmetik yang ada di aplikasi TikTok dikalangan para mahasiswi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian berfokus pada pengamatan mendalam terhadap fenomena yang terjadi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif, penelitian diarahkan untuk menjelaskan gejala, fakta, atau kejadian secara sistematis dan akurat. Hasil yang ddiperoleh dari penelitian ini adalah fenomena Fear of Missing Out (FoMO) tren produk kosmetik saat ini terjadi di kalangan mahasiswi Ekonomi Syariah UIN Suska Riau. Maraknya konten produk kosmetik seperti skincare dan make-up membuat para mahasiswi tidak dapat mengelak bahwa mayoritas dari mereka tertarik ingin memiliki produk yang sama dengan yang dimiliki banyak orang. Terdapat mahasiswi yang bertindak boros (tabzir) dan berlebih-lebihan (israf) dalam mengkonsumsi produk kosmetik akibat fenomena ini. Di sisi lainnya, terdapat pula mahasiswi yang tetap berhati-hati dan memiliki pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli produk kosmetik yang tren di aplikasi TikTok
Copyrights © 2023