Kegiatan pelatihan tentang pentingnya pemanfaatan digital marketing kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kelurahan Telaga Sari Kota Balikpapan dengan tujuan agar sistem pemasaran UMKM menjadi lebih baik sehingga dapat memperluas cakupan target usahanya serta dapat meningkatkan penjualan yang lebih baik lagi. Kegiatan pelatihan berupa sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya pemasaran digital di era saat ini. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode ceramah tentang strategi pemsaran produk-produk UMKM melalui social media dan market place yang tersedia di media social. Pelatihan berjalan sukses dan lancer. Peserta pelatihan mampu memahami dengan baik strategi pemasaran secara digital. Satu pelaku UMKM di kelurahan Telaga Sari telah menggunakan media digital untuk pemasaran, tapi secara umum peserta belum tahu tentang cara melakukan pemasaran secara digital. Pelaksanaan pelatihan melalui sesi tanya jawab menunjukkan bahwa peserta pelatihan sangat antusiasme menanyakan tentang pemasaran secara digital. Metode ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta. Tim pelaksana juga memberikan kuesioner yang berisi pertanyaan sejauh mana pemahaman peserta tentang strategi pemasaran digital. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa 75 persen memahami materi yang disampaikan. Pealtihan ini dapat disimpulkan telah sukses dalam upaya meningkatkan pemahaman peserta tentang pemasaran secara digital.
Copyrights © 2024