Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 2 (2024): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

Etnomatematika pada Pembuatan Alame dan Lemang Sebagai Makanan Khas Padang Lawas

Evi Nurjannah Siregar (Unknown)
Asrul, Asrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Matematika adalah ilmu penting dalam perkembangan sains dan teknologi, serta kehidupan sehari-hari. Meski dianggap sulit dan menakutkan karena pengajaran monoton, mengaitkan matematika dengan budaya lokal melalui etnomatematika dapat mempermudah pemahaman siswa. Penelitian pada makanan tradisional seperti Alame dan Lemang di Padang Lawas menunjukkan bahwa konsep matematika bisa diintegrasikan dalam pembelajaran, membuatnya lebih menarik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi untuk memahami dan menganalisis unsur kebudayaan dalam pembuatan alame dan lemang di desa Simarancar, Padang Lawas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta studi literatur. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan, dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Alame adalah makanan khas Padang Lawas yang melambangkan kebersamaan dan sering disajikan saat lebaran. Proses memasak melibatkan konsep matematika seperti pengukuran, perbandingan, bangun ruang, dan aritmatika sosial. Lemang, makanan dari beras ketan dan santan, juga melibatkan konsep matematika dalam pembuatannya. Penelitian ini menemukan banyak konsep matematika dalam pembuatan alame dan lemang, termasuk pengukuran, perbandingan, berhitung, unsur satuan, bangun ruang, bangun datar, sudut siku-siku, tabung, transformasi geometri, dan aritmatika sosial. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi sumber belajar berharga, meningkatkan referensi tentang etnomatematika, dan mewariskan budaya ke generasi berikutnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...