Kemajuan pesat di bidang teknologi e-commerce memberikan banyak manfaat kepada sektor UMKM, seperti peningkatan dalam produksi, penjualan, layanan serta penguatan daya saing produk lokal. Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan menyampaikan bahwa UMKM dikota Medan yang memanfaatkan digitalisasi dalam mengembangkan bisnisnya masih tergolong rendah dan belum optimal, padahal pengguna internet di Kota Medan dikategorikan tinggi, dimana 82% dari total 2,52 juta penduduk Kota Medan telah memanfaatkan digitalisasi untuk keperluan belanja online, media sosial dan pemesanan ojek online. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu adakah pengaruh signifikan faktor teknologi, organisasi dan lingkungan terhadap adopsi e-commerce pada UMKM Kota Medan. Data dikumpulkan dengan metode pembagian kuesioner kepada 100 pelaku UMKM dan dianalisis dengan metode regresi linear berganda. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh simultan antara faktor teknologi, faktor organisasi, dan faktor lingkungan terhadap adopsi e-commerce. Selain itu, terdapat pengaruh secara individu antara faktor teknologi dan faktor organisasi terhadap adopsi e-commerce. Akan tetapi, tidak terdapat pengaruh signifikan antara faktor lingkungan terhadap adopsi e-commerce. Penelitian selanjutnya bisa menambah variabel independen dan hipotesis untuk mengembangkan model penelitian yang lebih komprehensif dalam mengukur dampak faktor teknologi, organisasi dan lingkungan kepada adopsi e-commerce
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024