JADECS (Journal of Art, Design, Art Education and Culture Studies)
Vol 8, No 2 (2023)

PRODUCT PLACEMENT PADA VIDEO KLIP “ LEAVE ME ALONE” SEBAGAI MEDIA PROMOSI SEBUAH BRAND

Firmansyah, Novian Wahyu (Unknown)
Listyowati, Saktianingrum (Unknown)
Albathoriq, Haris (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2023

Abstract

Berangkat dari meninjau kekurangan tingkat kecintaan mahasiswa terhadap almamater kampus di Universitas Negeri Malang, diciptakan produk yang dapat dikenakan sehari hari oleh mahasiswa namun tetap terlihat kasual serta tidak memberikan kesan formal. Karena target yang dituju sebagian besar adalah mahasiswa, maka diperlukan sebuah media komunikasi dengan pendekatan secara lebih kasual agar dapat menjangkau hal tersebut. Yaitu sebuah video klip musik dengan product placement didalamnya. Video klip dipilih karena melalui data yang diperoleh menunjukan bahwa sebagian besar target audience merasa terganggu dengan iklan yang muncul secara terang-terangan. Menurut (Belch, 2004) product placement adalah sebuah cara untuk meningkatkan promosi sebuah produk atau jasa dengan menampilkan produknya dengan kesan bahwa keberadaan produk tersebut seolah-olah menjadi bagian dari cerita film dan acara televisi. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana persepsi mahasiswa terhadap brand placement visori pada video klip “Leave Me Alone”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi mahasiswa tentang brand placement visori pada video klip “Leave Me Alone”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah melalui obsevasi, wawancara dan angket yang diperkuat dengan studi data video klip Leave Me Alone. Hasil penelitian ini adalah brand placement visori melalui video klip “Leave Me Alone” sudah memenuhi dimensi brand placement dengan baik. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dart

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

JADECS (Journal of Arts, Design, Art Education and Culture Studies) contains scientific articles of research, conceptual ideas, assessment, creation, learning, related to art, design, multimedia, and culture. The published articles prioritize the analysis of the results of the research, including: ...