Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Vol 6, No 1 (2024): April 2024

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE (STUDI KASUS PADA GENERASI Z DI KOTA LANGSA)

octaviana, Nova (Unknown)
Mulyadi (Unknown)
FW Pospos, Ade Fadillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Iphone pada Generasi Z di Kota Langsa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z yang berusia 15-27 tahun baik pria maupun wanita yang menggunakan Iphone di Kota Langsa. Kota Langsa yang jumlahnya tidak diketahui dan sebanyak 90 orang menjadi sampel yang diperoleh dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dan purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan studi dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Produk, Promosi dan Gaya Hidup berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Harga berpengaruh secara negatif terhadap Keputusan Pembelian Iphone pada Generasi Z di Kota Langsayang diketahui dari persamaan regresi linier bergandaY=5,152+0,323X1+0,020X2+0,212X3+0,171X4Secara parsial variabel Kualitas Produk, dan Gaya Hidup berpengaruh positif dan signifikan sedangkan Harga dan Promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian Iphone pada Generasi Z di Kota Langsa. Kemudian hasil uji F, secara simultan Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Gaya hidup secara simultan berpengaruh signifikan terhadapKeputusan Pembelian pada Iphone pada Generasi Z di Kota Langsa. Hasi uji koefisien determinasi (R2) di peroleh bahwa variabel kualitas produk, harga, promosi, dan gaya hidup mampu menjelaskan variabel y sebesar 40,8%. Sedangkan sisanya 59,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.Untuk perusahaan Iphone agar dapat merumuskan strategi agar tidak bisa ditiru oleh pihak lain, kualitas produk semakin baik, unggul diantara pesaing lain dan terus menjaga keputusan pembelian sehingga dapat meningkatkan penjualan.Hasil penelitian ini bisa dijadikan rujukan atau literatul review bagi peneliti selanjutnya yang meneliti kasus yang sama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Langsa merupakan suatu wadah publikasi karya ilmiah yang diperuntukkan bagi para mahasiswa, dosen dan praktisi. Topik-topik dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa antara lain mencakup Ekonomi Islam, Perbankan Syariah, ...