This research aims to determine the effect of good corporate governance and corporate social responsibility disclosure on company reputation, using proxies of independent commissioners, audit committees, and the board of directors. This research applies quantitative analysis, involving 70 samples consisting of 14 companies in the consumer goods sector within 5 years from 2018 to 2022, selected through a purposive sampling method, with the criteria for companies that report annual reports and sustainability reports, as well as companies that receive the Corporate Image Award. Signal theory and agency theory are used as the theoretical basis to underlie the effect of good corporate governance and corporate social responsibility disclosure on company reputation. This research finds that the disclosure of the board of directors and corporate social responsibility has a positive effect on a company's reputation. However, this research fails to prove that independent commissioners and audit committees have a positive effect on company reputation. This research is expected to encourage companies to implement good corporate governance mechanisms and corporate social responsibility disclosure, which improve company reputation. Abstract Penelitian ini berupaya untuk mengetahui pengaruh good corporate governance dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap reputasi perusahaan, dengan menggunakan proksi komisaris independen, komite audit, dan dewan direksi. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Adapun sampel penelitian merupakan 70 sampel yang terdiri dari 14 perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan 5 tahun periode yaitu 2018-2022 yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria perusahaan yang melaporkan laporan tahunan dan laporan keberlanjutan serta perusahaan yang mendapatkan penghargaan Corporate Image Award. Teori sinyal dan teori agensi digunakan sebagai dasar teori untuk mendasari pengaruh antara good corporate governance dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap reputasi perusahaan. Penelitian ini menemukan bahwa dewan direksi dan pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap reputasi perusahaan. Namun, penelitian ini tidak berhasil membuktikan bahwa komisaris independen dan komite audit berpengaruh positif terhadap reputasi perusahaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi terhadap perusahaan bahwa peran mekanisme good corporate governance yang baik dan pengungkapan corporate social responsibility dapat membuat reputasi perusahaan menjadi lebih baik.
Copyrights © 2024