Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi followers akun instagram @adihidayatofficial mengenai efektivitas dakwah Ustad Adi Hidayat di media sosial instagram, apakah dakwah Ustad Adi Hidayat sudah bisa dikatakan efektif atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan purposive sampling, yaitu orang-orang yang diseleksi sesuai dengan kebutuhan penelitian. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 100 followers @adihidayatofficial yang kemudian diambil 15 orang sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara non random sampling atauy probability maksudnya tidak semua populasi diberi kesempatan untuk menjadi sampel. Hasil dari pennelitian ini menunjukkan bahwa dakwah Ustad Adi Hidayat di media sosial instagram sudah bisa dikatakan efektif. Hal itu berdasarkan persepsi dari para followersnya. Para followers mengaku tergerak hatinya untuk melakukan perubahan terhadap prilaku, ibadah, dan aspek lainnya setelah menerima pesan dakwah Ustad Adi Hidayat di instagram. Adapun kendala dakwah Ustad Adi Hidayat melalui instagram yaitu, koneksi jaringan yang kurang bagus, sehingga sebagian followers terganggu ketika menonton konten dakwah Ustad Adi Hidayat di Instagram.Â
Copyrights © 2023