RW.001 Kelurahan Sunter Jaya di Kota Jakarta Utara saat ini belum menggunakan teknologi informasi dalam proses pelayanan publik kepada masyarakat. Hal ini juga mengakibatkan masyarakat harus bolak-balik ke Kantor RW.001. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibuatlah sebuah program pengaduan masyarakat berbasis website. Dengan program pengaduan masyarakat berbasis website, masyarakat dapat dengan mudah mengajukan keluhan tanpa harus datang ke Kantor RW.001. Untuk perancangan program Pengaduan Masyarakat berbasis Web ini menggunakan metode Waterfall. Model ini menggambarkan pendekatan sistematis dan berurutan pada pengembangan perangkat lunak. Metode Waterfall terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: Requirement Analysis, System and Software Design, Implementation and Unit Testing, Integration and System Testing, Operation and Maintenance. Aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat untuk melaporkan kegiatan atau kejadian. Sistem ini juga memberikan kemudahan bagi pihak RW.001 Sunter Jaya dalam menampung aduan dari masyarakat dan menjalankan tindak lanjut terhadap aduan tersebut Perancangan program pengaduan masyarakat berbasis website memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melaporkan kegiatan atau kejadian secara online, mengurangi penggunaan kertas sebagai media pelaporan. Sistem ini juga memberikan kemudahan bagi pihak berwenang dalam menampung aduan, meningkatkan transparansi penanganan aduan, dan menjaga keamanan data pengaduan. Dengan demikian, program ini memberikan solusi efektif dalam meningkatkan aksesibilitas, efisiensi, dan akuntabilitas dalam pengaduan masyarakat.
Copyrights © 2023