Jurnal Semesta Sehat
Vol 3 No 2 (2023): Jurnal Semesta Sehat (J-Mestahat)

Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Resky Yuniarty Siregar (Unknown)
Mustakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Salah satu upaya pembangunan di bidang kesehatan adalah peningkatan kualitas pelayanan kefarmasian. Salah satu bentuk pelayanan kefarmasian dirumah sakit adalah pengkajian dan pelayanan resep dan meliputi sarana prasarana instalasi farmasi, komunikasi informasi dan edukasi (KIE), kecepatan pelayanan obat, serta keramahan petugas instalasi farmasi dan sebagai faktor untuk mengevaluasi kepuasan pasien. Salah satu model yang banyak dipakai untuk mengukur kepuasan pelanggan adalah model SERVQUAL (Service Quality) dengan cara membuat survei penilaian kepuasan pelanggan secara komprehensif bagi pelayanan dibidang barang dan jasa yang mengutamakan aspek pelayanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Cross sectional. Tingkat kepuasan pasien dengan rata-rata presentase interpretasi skor terbesar 73%. Kemudian diikuti dari setiap dimensi yaitu Daya Tanggap (Responsiveness) sebesar 70%, Jaminan (Assurance) sebesar 82%, Empati (Emphaty) sebesar 70%, Kehandalan (Reliability) sebesar 68% dan Wujud Nyata (Tangibles) sebesar 73%. Berdasarkan disposisi direksi No.0168/PMSR/03/2015 nilai 90 menjadi cut off point tingkat kepuasan. Maka rata-rata tingkat kepuasan pasien tidak puas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jm

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Jurnal Semesta Sehat (J-Mestahat) merupakan opened acces dan peer-reviewed journal. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasi penelitian orisinil dan literatur review yang berhubungan dengan isu kesehatan masyarakat yang ada di dunia. Topik yang dimuat dalam jurnal ini adalah topik keilmuan yang ...