Center of Economic Students Journal (CSEJ)
Vol. 6 No. 3 (2023): July-September (2023)

Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak dan Penerapan E-system Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada KPP Pratama Makassar Selatan

Inggrid (Unknown)
Amiruddin (Unknown)
Arfah, Aryati (Unknown)
Alam, Syamsu (Unknown)
Abduh, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Kepatuhan wajib pajak dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah kualitas pelayanan, kesadaran wajib pajak dan penerapan e-system perpajakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, kesadaran wajib pajak dan penerapan e-system perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Selatan. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dengan menyebarkan kuesioner kepada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Makassar Selatan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan jumlah responden adalah sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Analisis Regresi Linier Berganda dan IBM SPSS Statistics 22 sebagai alat bantu. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Kesadaran wajib pajak dan penerapan e-system perpajakan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CSEJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

CESJ : Center Of Economic Students Journal is an economics journal/article published and updated on a regular basis by students from the Faculty of Economics at UMI that aims to serve as a place to accommodate ideas, scientific studies, and studies, as well as a conduit of information for academic ...