Journal Civics and Social Studies
Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 2 Tahun 2020

Penggunaan Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa pada Aspek Kognitif Tingkat Rendah (Quasi Eksperimen Pokok Bahasan Tenses pada Siswa Kelas XII Semester I di SMAN 16 Garut)

Teten Mohamad Sapril Mubarok (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebelum masa pandemi Covid-19 sebagai upaya untuk mengetahui perbedaan peningkatan penguasaan aspek kognitif tingkat rendah antara siswa yang belajar dengan menerapkan media pembelajaran Flipbook dengan siswa yang tidak menerapkan media pembelajaran Flipbook. Desain penelitiannya adalah kuasi eksperimen menggunakan dua kelompok. Dalam proses pembelajarannya kelompok eksperimen menerapkan media pembelajaran Flipbook sedangkan kelompok kontrol tidak menerapkan media pembelajaran Flipbook. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 5 sebanyak 35 orang sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 4 sebanyak 35 orang sebagai kelas kontrol di SMAN 16 Garut. Dari penelitian diperoleh,bahwa: (1) Penguasaan aspek kognitif tingkat rendah konsep Tenses pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 16 Garut berada pada kualifikasi rendah pada aspek pengetahuan, pemahaman dan aspek aplikasi sebelum diberikan perlakuan penelitian yakni dengan menerapkan media pembelajaran Flipbook dalam proses pembelajaran. (2) Penguasaan Aspek Kognitif tingkat rendah konsep Tenses pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 16 Garut setelah diterapkan perlakuan penelitian mengalami peningkatan. Kelas yang menerapkan media pembelajaran Flipbook pada pembelajarannya terjadi peningkatan aspek pengetahuan menjadi kualifikasi tinggi, aspek pemahaman dan aplikasi menjadi kualifikasi sedang, sedangkan kelas yang tidak menerapkan media pembelajaran Flipbook pada pembelajarannya terjadi peningkatan menjadi kualifikasi sedang untuk aspek pengetahuan dan pemahaman dan kualifikasi rendah untuk aspek aplikasi. (3)Terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan aspek kognitif tingkat rendah penguasaan konsep Tenses antara siswa yang belajar dengan menerapkan media pembelajaran Flipbook dengan siswa yang belajar dengan tidak menerapkan media pembelajaran Flipbook pada pembelajaran Bahasa Inggris Kelas XII IPA di SMA Negeri 16 Garut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

journalcss

Publisher

Subject

Description

Jurnal Civicos (Civics and Social Studies) memiliki Scope dan Fokusnya antara lain pada bidang : 1. Pendidikan dan Pembelajaran 2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3. Pendidikan Politik, Hukum dan Kenegaraan 4. Pendidikan IPS – Social Studies 5. Social Science 6. Humaniora 7. Ilmu Sosial ...