Radio dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan pendengar yang kini menjadikan gadget dan internet sebagai media arus utama. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan radio yang berbasis audio saja. Namun kini, siaran radio dapat ditransmisikan melalui internet dengan streaming secara langsung yang mampu mengirimkan suara, teks, gambar dan video seperti yang banyak diminati masyarakat sekarang ini. Hal tersebut sejalan dengan teori konvergensi media menurut Henry Jenkins yang melihat strategi konvergensi media seperti apa yang dilakukan oleh media untuk mempertahankan eksistensinya. Metode penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif untuk menjelaskan aspek strategi konvergensi digital Radio Kota FM. Penelitian ini melihat bagaimana konvergensi yang dilakukan Kota FM sebagai upaya dalam memperluas jangkauan khalayak pendengar musik dangdut. Berdasarkan hasil analisis, strategi konvergensi Radio Kota FM menggunakan 3M yaitu, multimedia, multichannel dan multiplatform yang menyajikan data dengan berbagai format mulai dari foto, video, teks dan juga audio. Seluruh informasi pun tidak hanya disampaikan dalam bentuk audio siaran saja tetapi juga diunggah sebagai konten di media sosial.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024