Perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara berinteraksi dan bertransaksi dalam bisnis, termasuk melalui platform online atau e-commerce. Banyak restoran masih menerapkan sistem pelayanan konvensional, yang dapat menimbulkan kendala saat pelanggan memesan makanan secara langsung. Hal ini berpotensi membuat pelayan menjadi kelelahan dan menghadapi kesulitan dalam pelayanan. Sebagai solusi, banyak bisnis restoran mengadopsi penggunaan QR Code untuk memesan makanan dan memfasilitasi pembayaran. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan aplikasi web E-Duren di Restoran Sop Duren 97 dengan mengintegrasikan teknologi payment gateway midtrans untuk memproses pembayaran. Sistem pesanan akan diatur menggunakan algoritma First Come First Serve (FCFS) guna meningkatkan efisiensi pelayanan dan memodernisasi pelayanan di restoran yang masih menggunakan metode konvensional. Hasil pengujian dari User Acceptance Test (UAT) dengan sampel 30 orang menunjukkan indeks persentase sebesar 83,1%, dengan kesimpulan bahwa aplikasi website E-Duren sudah berjalan lancar dan sesuai dengan kepuasan pengguna. Ujicoba aplikasi dengan blackbox testing untuk menguji fungsionalitas aplikasi untuk menunjukkan bahwa semua fungsi aplikasi telah berjalan lancar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024