Pelayanan publik merupakan pelayanan dasar dalam pelayanan pemerintahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam memberikan pelayanan publik, Kelurahan Sesetan akan mengacu pada standar pelayanan publik Kelurahan Sesetan. Adanya permasalahan terkait efektivitas pelayanan publik terhadap penyandang disabilitas di Kelurahan Sesetan Kota Denpasar, kondisi tersebut melatarbelakangi penelitian ini dalam rangka mengetahui bagaimanakah efektivitas, kendala dan strategi yang dilakukan dalam meningkatkan efektivitas pelayanan publik terhadap penyandang disabilitas di Kelurahan Sesetan Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas, kendala dan strategi yang dilakukan dalam meningkatkan efektivitas pelayanan publik terhadap penyandang disabilitas di Kelurahan Sesetan Kota Denpasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan publik terhadap penyandang disabilitas di Kelurahan Sesetan Kota Denpasar dilihat dari indikator pencapaian tujuan sudah efektif, namun dilihat dari indikator integritas dan adaptasi belum sepenuhnya efektif. Adapun yang menjadi kendala adalah belum memiliki standar operasional prosedur pelayanan khusus untuk disabilitas, belum melakukan sosialisasi dan sarana prasarana pendukung belum memadai. Stategi yang dilakukan adalah perlu menyususn dan menetapkan SOP khusus untuk pelayanan penyandang disabilitas serta mensosialisasikan kepada masyarakat dan pemenuhan sarana prasarana penunjang yang belum memadai.
Copyrights © 2023