Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 3, No 2 (2024): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

IMPLEMENTASI SELF-REGULATED LEARNING BERBASIS INTERNET PADA MAHASISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Ashari, Hilda (Unknown)
Vitalocca, Dyah (Unknown)
Nuridayanti, Nuridayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa pada perkuliahan di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro melalui penerapan self regulated learning (SRL) berbasis internet. Secara khusus, target yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah memperoleh data peningkatan kemandirian belajar mahasiswa dengan aspek-aspek kemandirian belajar yang dikembangkan meliputi aspek Independency, Self-management, Desire for learning, dan Problem-solving melalui penerapan SRL berbasis internet. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan desain pretest-postest satu kelompok atau one-group pretest-postest design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 35 orang mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro FT UNM yang memprogramkan mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Hasil uji peningkatan (gain) menemukan bahwa kemandirian belajar mahasiswa dalam mata kuliah Belajar dan Pembelajaran melalui pendekatan SRL berbasis internet mengalami peningkatan. Aspek independency merupakan aspek yang mengalami peningkatan (gain) dengan kategori tinggi (0,7). Aspek yang lainnya yaitu self management, desire for learning dan problem solving masih perlu ditingkatkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...