Pembelajaran terdiferensiasi dalam kurikulum merdeka adalah pendekatan dengan melihat keragaman kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa. Di SMAN 1 Toapaya telah menerapkan kurikulum merdeka, namun guru sering menghadapi tantangan dalam merancang pembelajaran dengan kebutuhan seluruh siswa. Dalam rangka peningkatan efektifitas pembelajaran dalam kurikulum merdeka di sekolah dan pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang dapat mengakomodasi perbedaan individu siswa maka TIM PKM memilih topik ini sebagai kegiatan pengabdian. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembimbingan kepada para guru dalam merancang pembelajaran terdiferensiasi. Metode pengabdian yang digunakan pada pengabdian ini workshop In On In. Tahap “In” dilakukan di sekolah yaitu penyampaian materi guna memberikan pemahaman tentang pentingnya pembelajaran terdiferensiasi. Tahap “on” dilakukan melalui whatssapp grup dengan membimbing peserta untuk melihat rancangan pembelajaran terdiferensiasi. Selanjutnya tahap terakhir “In” kembali untuk mereview rancangan pembelajaran terdiferensiasi yang telah dibuat peserta. Hasil dari kegiatan pengabdian ini meningkatkan keterampilan dan pemahaman dalam merancang pembelajaran terdiferensiasi. Dengan demikian, program pembimbingan ini berkontribusi positif terhadap kualitas pendidikan di SMAN 1 Toapaya.
Copyrights © 2024