Jalan angkut Front 12 menuju Washing Plant 1 PT. ABMP merupakan jalan angkut dua jalur. Setelah dilakukan penelitian terdapat beberapa segmen yang memiliki lebar , kemiringan, superelevasi, dan Cross Slope pada jalan belum memenuhi standar Kepmen ESDM NO 1827 K/30/MEM/2018. Melalui penelitian tugas akhir ini, akan dilakukan analisa mengenai geometri jalan angkut berdasarkan spesifikasi alat angkut terbesar yang melewatinyal. Selanjutnya dari analisa tersebut didapatkan hasil yang nantinya akan digunakan untuk menentukan upaya perbaikan dan perkerasan jalan angkut tambang. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini meliputi evaluasi geometri jalan, daya dukung tanah jalan terhadap beban yang melewatinya. Penelitian dimulai dengan pengambilan data geometri aktual jalan dan daya dukung tanah aktual jalan dengan cara pengambilan sampel untuk uji laboratorium CBR. Kemudian membandingkan dengan standar teontis, Hasil dari penelitian diperoleh nilai lebar jalan lurus yaitu berkisar 8,5"“13,5meter. Lebar pada tikungan sebesar 10-16,5meter dengan jari-jari tikungan sebesar 18m, superelevasi sebesar 7"“33,2cm. Kemiringan jalan berkisar antara 0,48-12,12% dan Cross Slope berkisaran antara -1,50-17,5 cm serta nilai CBR rata-rata yaitu 76, % sudah melebihi standar CBR lapisan pondasi atas, yaitu 50%. Evaluasi geometri jalan angkut berupa penambahan lebar jalan, memperbaiki superelevasi dan Cross Slope, dan memperbaiki kemiringan jalan yang melebihi 12% .
Copyrights © 2023