Banyaknya pilihan layanan yang ditawarkan oleh J&T Express dan JNE menyebabkan persaingan ketat pada pemasaran perusahaan penyedia jasa pengiriman barang. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus tepat dalam menentukan strategi pemasaran agar dapat bersaing dengan pesaing lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang sangat mempengaruhi konsumen dalam memilih perusahaan penyedia jasa pengiriman barang dan menentukan strategi pemasaran yang optimal pada perusahaan penyedia jasa pengiriman barang. Metode pada penelitian ini adalah teori permainan berbasis logika fuzzy. Sampel dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menyatakan faktor yang sangat mempengaruhi konsumen dalam memilih perusahaan penyedia jasa pengiriman barang adalah sistem keamanan dengan nilai 9,1 dan strategi pemasaran yang optimal bagi kedua perusahaan penyedia jasa pengiriman barang adalah strategi sistem keamanan dengan titik pelana (saddle point) sebesar -3,64. J&T Express menggunakan atribut sistem keamanan dalam memaksimalkan keuntungan dan JNE menggunakan atribut sistem keamanan dalam meminimalkan kerugian.
Copyrights © 2024