Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis inovasi dalam manajemen kurikulum di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) serta dampaknya terhadap kualitas pendidikan. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa inovasi dalam manajemen kurikulum di MAN mencakup beberapa aspek, yaitu integrasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning), pengembangan kurikulum kontekstual, dan pelatihan serta pengembangan profesional guru. Integrasi TIK dalam pembelajaran telah meningkatkan motivasi belajar siswa, mempermudah akses terhadap materi pelajaran, dan mengembangkan keterampilan TIK baik pada siswa maupun guru. Pendekatan pembelajaran berbasis proyek mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif serta meningkatkan kemampuan kolaboratif. Pengembangan kurikulum kontekstual membuat pembelajaran lebih relevan dan bermakna bagi siswa serta memberdayakan masyarakat setempat. Selain itu, pelatihan dan pengembangan guru yang berkelanjutan telah meningkatkan kompetensi guru, kualitas pembelajaran, dan kepuasan kerja guru.Secara keseluruhan, inovasi-inovasi ini telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kualitas pendidikan di MAN. Berdasarkan temuan ini, beberapa rekomendasi yang diberikan meliputi penguatan program pelatihan guru, pengembangan infrastruktur TIK, perancangan kurikulum yang adaptif, dan kolaborasi dengan industri untuk memberikan pengalaman praktis kepada siswa. Dengan terus berinovasi dalam manajemen kurikulum, MAN diharapkan mampu mencetak lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan tinggi serta karakter yang kuat sesuai dengan nilai-nilai Islam.
Copyrights © 2023