Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 8 No 2 (2024): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Learning Rhythm Using Rhythm Feature by Chrome Music Lab's Platform at Galenia Elementary School Bandung

Fadillah, Rake Amar (Unknown)
Virgan, Henry (Unknown)
Nusantara, Henri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi penggunaan fitur Rhythm dari Chrome Music Lab dalam meningkatkan pemahaman ritme musik siswa di SD Galenia Bandung. Latar belakangnya mencakup kesulitan siswa dalam memahami dan mengaplikasikan ritme dalam musik. Tujuan penelitian adalah untuk mengeksplorasi efektivitas fitur Rhythm sebagai media pembelajaran interaktif dalam konteks ini. Metode penelitian deskriptif digunakan dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap konsep ritme, serta partisipasi dan motivasi mereka yang lebih tinggi selama menggunakan fitur Rhythm. Implikasinya adalah pentingnya integrasi teknologi dalam kurikulum musik sekolah dasar untuk meningkatkan pembelajaran, meskipun tantangan akses teknologi masih perlu diatasi. Kesimpulan penelitian ini menekankan perlunya pengembangan lebih lanjut dalam penggunaan teknologi sebagai alat pendidikan yang efektif dalam meningkatkan keterampilan musik siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...