Antrian adalah fenomena umum yang sering terjadi di berbagai tempat, seperti bank, rumah sakit, restoran, dan kantor layanan publik. Pelanggan seringkali frustrasi dengan sistem antrian tradisional yang sering menggunakan kertas dan pulpen. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa sistem manual dapat mengalami kesalahan seperti penipuan antrian dan tidak dapat memberikan informasi tentang status antrian dalam waktu nyata. Aplikasi sistem antrian telah muncul di era modern untuk menyelesaikan berbagai masalah dengan sistem antrian tradisional. Aplikasi sistem antrian menurunkan biaya, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Klinik Paru Kebumen merupakan salah satu pelayanan masyarakat yang ada di Kota Kebumen dengan menyediakan fasilitas seperti pemeriksaan paru dan lain sebagainya. Salah satu pelayanan yang disediakan adalah tentang pasien mengantre di klinik ini. Namun timbul permasalahan ketika nomor antrian masih manual dan petugas memanggil secara manual, sehingga menyulitkan petugas dalam proses pemanggilan pasien. Selain itu pasien tidak bisa mendapatkan nomor antrian secara online sehingga pasien harus datang ke lokasi untuk mengantre nomor antrian. Untuk permasalahan ini, dilakukan perancangan dan implementasi sistem antrian Klinik Paru Kebumen menggunakan Borland Delphi dan MySQL. Fitur yang disediakan adalah pendaftaran pasien secara on the spot dan online yang dapat di download di Google Playstore, fitur pemanggil antrian dan fitur tampilan antrian. pengujian implementasi aplikasi dilakukan oleh pengguna (blackbox). Selain itu, digunakan juga metode UMUX (Usability Metric for User Experience) untuk mengukur hasil pengujian secara kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian, rancang bangun aplikasi yang dibuat dalam bentuk aplikasi desktop dan mobile ini berhasil melakukan manajamen sistem antrian beserta fitur yang disediakang dibuktikan dengan hasil pengujian kepada pengguna serta nilai UMUX sebesar 93.75
Copyrights © 2024