Marketica: Jurnal Ilmiah Pemasaran
Vol 1 No 3 (2024): Marketica: Jurnal Ilmiah Pemasaran

Analisis Strategi Pemasaran Pada Pt. Claro Kreasi Abadi Jakarta Barat

Andini, Selly (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pelaksanaan strategi pemasaran di PT. Claro Kreasi Abadi Jakarta Barat. Metode yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara. Sampel terdiri dari satu direktur operasi & pengembangan bisnis, satu manajer penjualan, dan satu pengguna layanan. Hasil pembahasan menyimpulkan bahwa strategi pemasaran melibatkan serangkaian tujuan, kebijakan, dan aturan yang mengarahkan upaya pemasaran perusahaan seiring waktu, dengan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan dan persaingan. Bauran pemasaran digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan menyelaraskan berbagai aspek. Penelitian menunjukkan bahwa PT. Claro Kreasi Abadi Jakarta Barat menerapkan strategi pemasaran melalui marketing mix 7P: product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Pelayanan merupakan aspek penting yang harus diperhatikan perusahaan untuk menjaga daya saing. Strategi pemasaran SWOT digunakan untuk merumuskan rencana pemasaran secara holistik, mengidentifikasi kekuatan internal seperti merek yang kuat dan sumber daya manusia terampil, serta mengantisipasi ancaman seperti persaingan yang ketat. Dengan pendekatan ini, perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dengan memanfaatkan keunggulan internal dan merespons faktor-faktor eksternal yang memengaruhi posisi mereka di pasar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

marketica

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Marketica: Jurnal Ilmiah Pemasaran adalah jurnal akademik yang mengkhususkan diri dalam bidang pemasaran. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi platform bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi dalam membagikan pengetahuan, penelitian, dan temuan terkait dengan strategi pemasaran, perilaku konsumen, ...