Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol. 5 No. 4 (2024): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan

Keterampilan Mengajar Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar Santi Witya Serong School Thailand

Khalisah, Nurul (Unknown)
Rahman, Abd (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam keterampilan mengajar yang diterapkan oleh pendidik bahasa Arab untuk meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Santi Witya Serong School, Thailand. Tujuan penting penelitian ini adalah untuk menentukan metode dan pendekatan yang paling efisien dalam pengajaran bahasa Arab kepada siswa sekolah dasar..Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang memungkinkan peneliti untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai fenomena yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik yaitu: observasi langsung di kelas dan wawancara mendalam dengan guru bahasa Arab. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa keterampilan mengajar guru bahasa Arab yang efektif terdiri dari beberapa komponen kunci. Pertama, penggunaan metode pembelajaran interaktif, seperti permainan bahasa, role-play, dan diskusi kelompok, terbukti sangat efektif dalam meningkatkan partisipasi dan minat siswa. Kedua, pemanfaatan media pembelajaran yang menarik dan relevan, seperti video, gambar, dan alat peraga, membantu siswa dalam memahami konsep bahasa Arab dengan lebih mudah. Ketiga, penciptaan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak tertekan memainkan peran penting dalam memotivasi siswa untuk belajar bahasa Arab.Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan strategi pengajaran bahasa Arab di tingkat sekolah dasar, Khususnya di lingkungan di mana bahasa Arab bukan bahasa utama, penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan strategi pengajaran bahasa Arab di sekolah dasar. Untuk merancang program pembelajaran bagi siswa sekolah dasar yang lebih menarik dan efektif, temuan ini dapat menjadi referensi bagi guru bahasa Arab dan pengambil kebijakan pendidikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

syntax-imperatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, ...