Zaman modern ini, masyarakat semakin mudah untuk mengakses berbagai situs dan aplikasi menggunakan internet. Salah satu bentuk persaingan dalam dunia digital yang muncul berupa e-commerce, adanya penggunaan e-commerce memudahkan para penggunanya dalam melakukan transaksi secara online. Salah satu e-commerce yang berkembang di zaman sekarang dan dapat menunjang kebutuhan masyarakat di bidang transaksi produk virtual yaitu Itemku. Itemku merupakan salah satu e-commerce terpercaya di Indonesia yang bergerak di bidang produk virtual dengan menawarkan produk seperti penjualan akun (game, Netflix, Zoom, dll), penjualan voucher game online, dst. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen Itemku di Surabaya. Penelitian ini terdiri dari variabel persepsi harga, kualitas layanan, dan keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah konsumen Itemku yang berada di Surabaya. Penelitian ini, penulis menggunakan random sampling dimana peneliti mengambil sampel secara acak berdasarkan area. Kriteria yang harus dipenuhi oleh para responden yaitu pernah melakukan pembelian produk Itemku di Surabaya dengan jenjang usia 17 sampai 41 tahun berdasarkan survei yang dilakukan oleh Vero Decision Lab pada 470 responden sebagai pemain, penikmat dan streamer di Indonesia. Ukuran sampel akan diteliti menggunakan rumus Hair sebanyak 140 orang yang merupakan konsumen Itemku di Surabaya. Teknik pengumpulan data primer bisa dengan melakukan penyebaran kuesioner yang hasilnya akan dilakukan pengolahan data kembali. Skala data yang akan digunakan di dalam penelitian ini adalah skala likert gradasi lima titik dari sangat tidak setuju (1) sampai dengan sangat setuju (5). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen itemku di Surabaya, dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen itemku di Surabaya.
Copyrights © 2024