Berbicara menjadi kunci komunikasi yang sangat penting dan hanya dilakukan oleh manusia. Dari berbicara kemudian menjadi interaksi dengan bercakap-cakap yang dilakukan bersama orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk memberi penguatan dasar melalui kajian antropologi filsafat tentang manusia sebagai makhluk berbicara terhadap strategi peningkatan metode pembelajaran yang dibuat di TK Ceria Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah pengajar atau guru TK Ceria dan peserta didik. Hasil penelitian yaitu pada lembaga TK Ceria ada lima metode pembelajaran yang mendorong peningkatan berbicara. Namun masih perlu adanya kesadaran guru terhadap konsep man talks. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa metode pembelajaran untuk peningkatan keterampilan berbicara yang dicantumkan dalam materi sudah ada. Namun pelaksanaannya belum maksimal. Butuh kesadaran aktor pendidikan terhadap penerapan kegiatan yang menunjang keterampilan berbicara anak dengan cara memahami substansi dasar bahwa manusia makhluk berbicara.
Copyrights © 2024