Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor psikografis yang terdiri dari gaya hidup, karakter kepribadian konsumen dan faktor demografis terhadap pengambilan keputusan konsumen terhadap pembelian di Matahari Department Store Plaza Mulia Samarinda. Penelitian dilakukan kepada pengunjung Matahari Department Store khususnya di Plaza Mulia Samarinda dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 100 orang dengan spesifikasi pengunjung laki-laki dan perempuan, berusia rata-rata 17 tahun sampai dengan 40 tahun dengan berbagai macam profesi.Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis faktor psikografis adalah dengan menggunakan kuisioner dan metode Regresi Linier Berganda serta menggunakan program komputerisasi SPSS. Persamaan regresi yang diperoleh adalah : Y = 3,078 + 0,234 X1 + 0,089 X2 – 210 X3+ eBerdasarkan hasil analisis dihitung F hitung = 4,629 > F table = 2,70 dan tingkat signifikan sebesar 0,005 < 0,05 sehingga dapat dijelaskan bahwa secara serentak variabel Psikografis yang terdiri dari gaya hidup (X1), karakter keputusan konsumen (X2), faktor demografis (X3), mempunyai pengaruh cukup signifikan terhadap keputusan membeli pada Matahari Department Store Plaza Mulia Samarinda, dimana secara serentak pengaruh R adalah sebesar 0,355. Berdasarkan hasil perhitungan dari ketiga variabel faktor psikografis, maka dapat disimpulkan bahwa variabel gaya hidup memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian konsumen, dibuktikan dengan hasil perhitungan Standardized Coefficient Beta = 0,227. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.
Copyrights © 2016