Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pelaksanaan, pengevaluasian, dan terhadap guru yang menerapkan model direct method berbantuan aplikasi FonBi dalam pembelajaran menyaji teks laporan pengamatan di SMPN 2 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian mixed methods atau metode campuran. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggabungkan dua bentuk penelitian yang telah ada sebelumnya, yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Penggunaan metode ini diharapkan dapat membantu menjawab pertanyaan penelitian, memungkinkan penelitian metode campuran untuk mendapatkan pengetahuan dan validasi yang tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Pariaman dengan sampel siswa kelas VIII.5 berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi kuesioner atau angket, dan wawancara. Teknik penganalisisan data dalam penelitian ini terdapat dua tahap, yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Terdapat tiga hasil penelitian yang kemudian menjadi simpulan. Ketiga hsil tersebut menunjukan persepsi siswa kelas VIII SMPN 2 Pariaman secara umum memiliki persentase 89,65% dengan kualifikasi ”Tinggi”. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model direct method berbantuan aplikasi FonBi efektif dalam pembelajaran menyaji teks laporan pengamatan.
Copyrights © 2024