Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra
Vol 11, No 1 (2024): April

Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Aplikasi FonBi terhadap Keterampilan Menyaji Teks Laporan Pengamatan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman

Detrial, Claudhea Enjelina (Unknown)
Nursaid, Nursaid (Unknown)
Suryani, Nurul (Unknown)
Rahma, Annisa Nurul (Unknown)
Utami, Vebby Novedra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dampak dari penggunaan model pembelajaran project based learning (PjBL) berbantuan aplikasi FonBi terhadap keterampilan menyaji teks laporan pengamatan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang dipilih terdiri dari satu kelas. Data dalam penelitian ini adalah skor yang diperoleh siswa dalam keterampilan menyaji teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) berbantuan aplikasi FonBi. Instrumen yang digunakan adalah tes unjuk kerja. Uji prasyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukakan bahwa nilai thitung > ttabel  (15,200 > 1.69913) pada taraf signifikasi α yaitu 0,05 dan taraf kepercayaan sebesar 95%.. Secara umum, model Project Based Learning (PjBL) berbantuan aplikasi FonBi terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menyaji teks laporan pengamatan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

METAFORA

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra menyediakan forum untuk menerbitkan artikel dan laporan penelitian yang berfokus pada bidang: 1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2. Kajian Linguistik Bahasa Indonesia 3. Kajian Sastra ...